Paralel Processing pada komputasi Awan

KOMPUTASI MODERN

Menjawab kebutuhan dari kemajuan dunia komputasi yang membutuhkan sebuah tempat dimana pengguna dapat menempatkan file dan aplikasi di sebuah server untuk diakses kapanpun dan dimanapun kini banyak bermunculan aplikasi-aplikasi yang dapat menjawab kebutuhan tersebut teknologi ini disebut Cloud computing (komputasi awan) Cloud computing telah berkembang jauh melampaui sekedar kata yang banyak dibicarakan di Asia Pasifik. Teknologi ini telah menjelma menjadi alat bagi sebuah perusahaan untuk memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan para pesaingnya. Bahkan, para pelaku bisnis telah meramalkan bahwa pertumbuhan bisnis akan dipengaruhi oleh cloud computing sebagai bagian integral dari strategi dan TI perusahaan. Seperti yang terlihat dalam VMware Cloud Index 2012, sebuah studi dari VMware dan dilakukan oleh Forrester Consulting pada Oktober 2012, banyak perusahaan yang mengakui jika cloud computing sebagai ‘enabler’ bagi bisnis mereka. Dari 220 responden Indonesia yang disurvei, sebanyak 80% menyatakan rencana bisnis pada 2012 dan 2013 mencakup pertumbuhan dan/atau ekspansi. Dimana sekitar 41% di antaranya menyatakan sudah mengadopsi solusi atau pendekatan cloud dan 59% mengaku telah mendayagunakan teknologi cloud selama setahun lalu. Adapun organisasi yang menyatakan belum memiliki inisiatif cloud ada separuhnya (51%). Mereka menyatakan, berencana menerapkan satu inisiatif dalam 18 bulan ke depan. Berdasarkan perkiraan tersebut, tingkat penetrasi cloud di Indonesia bisa melampaui 70% pada kuartal pertama 2014.

PARALEL PROCESSING

Paralel Prosesing adalah sebuah proses komputasi yang melibatkan beberapa komputer/processor untuk menyelesaikan sebuah tugas, agar dapat diselesaikan dengan waktu yang lebih cepat dibandingkan dengan hanya diproses oleh satu buah komputer.

Pada komputasi awan penggunaan paralel procesing sangat diperlukan untuk menunjang segala proses yang dilakukan dalam komputasi awan yang menyimpan bayak data didalamnya..

 

refrensi : http://8belastahun.blogspot.com/2012/01/parallel-processing-pada-komputasi-awan.html

Leave a comment